Tampikan Enam Aplikasi, Diskominfo Bolaang Mongondow Utara sosialisasikan kesiapan penerapan SPBE

Senin, 04 Juli 2022, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
54
Sekretaris Dinas Kominfo Mirwan Datukramat saat mensosialisasikan Aplikasi SIMUDAH, disaksikan seluruh peserta OPD serta nampak Kadis Kominfo Aang Wardiman deret depan kedua dari kiri, berlangsung di ruang rapat Bupati, Senin, 4/7/2022. (Photograper Winowi Pontoh / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id – Dinas Kominfo dan Persandian menampilkan enam aplikasi guna mensosialisasikan kesiapan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui enam Aplikasi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, berlangsung di ruang rapat Bupati, Senin (4/7/2022).

Kegiatan ini turut dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Tim Ahli dan Tim Redaksi Kominfo Bolaang Mongondow Utara.

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas Kominfo Bolaang Mongondow Utara Mirwan Datukramat, S.Kom menyampaikan tujuan dari penerapan SPBE ini adalah untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas Kominfo Mirwan Datukramat mensosialisasikan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Surat Daerah (SIMUDAH) yang merupakan hasil inovasi aksi perubahan ketika mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (KPA ) yang dilaksanakan oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur, Selasa, 22/2/2022 lalu.

“Melalui aplikasi ini, proses penandatanganan surat menyurat akan beralih ke system digital (tandatangan elektronik),”jelas Sekretaris Dinas Mirwan Datukramat.

Lebih lanjut, di tampilkan lima aplikasi lainnya yang merupakan inovasi Dinas Kominfo yaitu, Molihuto Stunting, Etika, Fingger Android PTT, website Desa dan website PPID.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Jusnan C. Mokoginta mengapresiasi kegiatan ini yang menampilkan enam aplikasi sebagai bentuk inovasi penerapan SPBE.

Dalam materi presentasi, Sekda Jusnan mengemukakan outcome penerapan SPBE adalah meningkatkan efisiensi anggaran untuk pembangunan pemerintahan berbasis elektronik.

Mendukung terwujudnya Satu Data Indonesia melalui bagi pakai data antar instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah, mendorong penggunaan aplikasi umum berbagi pakai di instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Serta meningkatnya utilisasi infrastruktur TIK yang terintegrasi dan berbagi pakai bagi Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah dan Terwujudnya keamanan informasi Pemerintah.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Bolaang Mongondow Utara Aang Wardiman, Ak.CA mengungkapkan kondisi infrastruktur dan SDM penunjang SPBE yang tersedia saat ini, menjadi dasar awal untuk terus berbenah dan meningkatkannya sebagai kebutuhan daerah yang ingin terus berkembang lebih baik lagi.

Kondisi tersebut diantaranya Layanan Internet yang terpusat pada Dinas Kominfo melayani 39 SKPD dengan alokasi Bandwidth 170 Mbps dengan budget 1,2 M.

Dinas Kominfo baru mempunyai 1 buah Server, belum memiliki ruangan Command Center sebagai pusat data.

Serta SDM yang terdiri dari Tenaga Analis Sistem 2 orang ASN, Tenaga Ahli Progeremer 3 Orang (Kontrak), Teknisi Jaringan 2 Orang (1 Orang ASN dan 1 Orang Kontrak).

Disamping itu, Kadis Kominfo Aang Wardiman mengharapkan agar lebih baik dan efektif untuk melayani 39 SKPD membutuhkan sekiranya Bandwidth 2Gbps dengan Asumsi 50 Mbps setiap SKPD.

Membutuhkan tambahan lebih dari 1 buah server untuk menyimpan Aplikasi yang telah dibangun, kelengkapan sarana prasarana ruangan Media Center serta dengan makin banyaknya permintaan pembuatan aplikasi oleh SKPD membutuhkan tambahan tenaga programmer. (Kominfosandi-Bolmut)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang / Fauziah Suratinoyo

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Saiful Djenaan

Redaktur Pelaksana : Adler TH. Manginsoa