Dinkes dan Pengadilan Agama Boroko jalin MoU Layanan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pemohon Dispensasi Kawin

Senin, 11 Juli 2022, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
6
Sekda Jusnan C. Mokoginta foto bersama saat kegiatan MoU antara Dinkes dan Pengadilan Agama Boroko, di halaman Kantor Bupati, Senin, 11/7/2022. (Photograper Moh. Haz Lantong / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id – Pemkab Bolaang Mongondow Utara melalui Dinas Kesehatan bersama Pengadilan Agama Boroko bersinergi melalui Perjanjian Kerja Sama atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Layanan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pemohon Dispensasi Kawin. Berlangsung saat dirangkaikan dengan rutinitas Apel bersama ASN di Halaman Kantor Bupati, Senin (11/7/2022).

MoU ini tertuang dalam Nomor : W18-A9/556/AHM.01.1/7/2022 dan Nomor : 440/1071/Dinkes/BMU/VII/2022 yang di ditandatangani oleh Pihak Pertama Ketua Pengadilan Agama Boroko Muhammad Anwar Umar, S.Ag bertindak atas nama Pengadilan Agama Boroko.

Serta Pihak Kedua dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bertindak atas nama Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dalam Perjanjian Kerja Sama tersebut diterangkan maksud dari MoU ini adalah sebagai pedoman bagi para pihak dalam kerja sama pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan Permohonan Dispensasi Kawin.

Juga bertujuan dalam upaya memastikan keadaan biologis anak yang ingin menikah dibawah umur, meningkatkan pengetahuan tentang dampak biologis, psikologis, ekonomi dan sosial bagi anak dibawah umur. yang akan melaksanakan perkawinan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Melalui peran yang terintegrasi dan bersinergi antara pusat pelayanan kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan dengan pengadilan Agama Boroko.

“MoU ini diberi nama RAPETIN (Surat Keterangan Sehat Pasangan Pengantin),”Keterangan dalam MoU yang dibacakan Petugas Apel.

Selanjutnya, Kepala Dinas PPKBPPPA Yani Lasama bertindak selaku Pembina Apel menyampaikan bahwa banyak tugas yang harus diselesaikan termasuk delapan fungsi keluarga yang memuat tentang fungsi agama, sosial, pendidikan, lingkungan juga kesehatan reproduksi.

"Dinas PPKBPPPA sudah membuat draf MoU yang telah disampaikan ke Pengadilan Negeri Bolaang mongondow Utara, Kementerian Agama dan beberapa OPD terkait pencegahan kekerasan anak termasuk juga perkawinan anak,"tutur Kadis Yani Lasama.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekda Bolaang Mongondow Utara, para Asisten, para Pimpinan OPD, Ketua Pengadilan Agama bersama jajaran dan seluruh ASN di lingkup Pemkab Bolaang Mongondow Utara. (Kominfosandi-Bolmut)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang / Fauziah Suratinoyo

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Saiful Djenaan

Redaktur Pelaksana : Adler TH. Manginsoa