Ayo imunisasikan anak sebab suksesnya program BIAN demi generasi yang sehat

Jumat, 15 Juli 2022, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
4
Tim Kominfo saat wawancara bersama Kabid P2P Febyanto Lumoto terkait imunisasi, di ruang kerjanya, Jum’at, 15/7/2022. (Photograper Winowi Pontoh / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id – Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) diharapkan mampu memenuhi target imunisasi semua anak usia 9 bulan sampai 15 tahun untuk pencegahan Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis atau batuk rejan, Hepatitis B, Campak dan Rubella.

Berdasarkan surat Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor : SR.02.06/C/3175/2022 tanggal 23 Juni 2022, hal : Perpanjangan waktu pelaksanaan BIAN tahap I, diperpanjang sampai dengan tanggal 29 Juli 2022.

Hal ini disampaikan pada hasil rapat evaluasi pelaksanaan BIAN di Provinsi Sulut yang diikuti Pemkab Bolaang Mongondow Utara melalui Dinas Kesehatan serta lintas sektor diantaranya BPMD, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo dan Kementerian Agama.

Serta melalui surat dukungan RESI KASA-800.169.DKIPS.VII.2022 telah disampaikan ke Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut yang siap sukseskan Program Nasional tersebut.

Oleh karena itu, Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Febyanto Lumoto kepada Tim Kominfo di ruang kerjanya (15/7/2022), menjelaskan bahwa Untuk mensukseskan Program BIAN, khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara jelas butuh dukungan semua komponen di daerah dan masyarakat.

”Kesuksesan kegiatan ini merupakan tanggungjawab semua komponen di daerah ini. Pemerintah dan masyarakat kita saling mengingatkan. Jadi tanggungjawab ini bukan saja pemerintah tetapi juga masyarakat agar kelak anak-anak kita menjadi sehat dan cerdas. jangan ada lagi penyakit yang timbul akibat anak belum diimunisasi,”ujarnya.

Dikatakan, selama sejak pandemi Covid-19 berlangsung 2 tahun belakangan ini, pembatasan-pembatasan yang telah dilakukan menyebabkan kendala kurangnya masyarakat mendatangi tempat pelaksanaan imunisasi.

Kini dengan adanya vaksinasi dan pelonggaran pembatasan telah cukup aman dari covid-19, namun tetap patuhi protokol kesehatan.

“Penuh rasa syukur, kini digalakkan kembali imunisasi secara terpadu melalui program BIAN. Ayo imunisasikan anak ! Sebab suksesnya program BIAN adalah demi generasi yang sehat dan cerdas,”ajak Kabid Febyanto Lumoto.

Selanjutnya, Kabid Febyanto Lumoto menyampaikan selain proses imunisasi di tiap-tiap pelaksanaan posyandu, juga akan dilaksanakan imunisasi dimulai dari sekolah-sekolah di Kecamatan Kaidipang berlanjut di Kecamatan Bolangitang Barat dan seterusnya di Kecamatan lainnya.

“Insya Allah kegiatan imunisasi di sekolah-sekolah akan dimulai pada hari senin depan,”ungkap Kabid Febyanto Lumoto. (Kominfosandi-Bolmut)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang / Fauziah Suratinoyo

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Saiful Djenaan

Redaktur Pelaksana : Adler TH. Manginsoa