Kadis Abdul Haris Bangko sangat bersyukur Indeks Kepuasan Masyarakat pada Dinas PMPTSP Kategori Baik

Selasa, 02 Agustus 2022, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
23
Tim Kominfo saat wawancara Kepala Dinas PMPTSP Abdul Haris Bangko, SH.,MM terkait imunisasi, di ruang kerjanya, Selasa 2/8/2022. (Photograper Winowi Pontoh / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) telah melaksanakan survei kepuasan masyarakat.

Kepala Dinas PMPTSP Abdul Haris Bangko, SH.,MM kepada Tim Kominfo, di ruang kerjanya, Selasa (2/8/2022) menyampaikan Survei Kepuasan Masyarakat dilaksanakan berpedoman pada PERMENPAN RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

“Di mana tujuan Survei Kepuasan Masyarakat adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan,” jelas Kadis Abdul Haris Bangko.

Pada survei kepuasan masyarakat Dinas PM dan PTSP, berdasarkan jumlah seluruh pengguna setiap tahun rata-rata berkisar antara 95 orang pengguna.

Untuk itu, berdasarkan populasi di atas maka dibutuhkan sampel pendaftaran 95 responden untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan survei.

Selanjutnya, diterangkan bahwa Dinas PMPTSP menetapkan Standar Pelayanan melalui Surat Keputusan Dinas PM dan PTSP Nomor 503/13.a/DPM.PTSP-BMU/I/2022 Tahun 2022 tentang Penetapan Standar Pelayanan Pada Dinas PMPTSP dengan 14 jenis layanan.

Jenis layanan untuk penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat dimaksud adalah pada Bidang Perindustrian, Perdaganan, Koperasi, Penanaman Modal, Perikanan, Pertanian, Perhubungan, Pariwisata, Kominfo, Kesehatan, Tenaga Kerja, Pekerjaan Umum, Perumahan, Lingkungan Hidup, Ekonomi Pembangunan dan Pendidikan.

Sementara itu, Lokasi pengumpulan data diambil dari responden Dinas PMPTSP dengan alamat Jl. R.A Kartini Desa Boroko Timur berdasarkan jadwal yang telah ditentukan mulai dari 06 Januari 2022 s/d 11 Juni 2022 lalu.

“Dengan teknik pengumpulan data menggunakan alat bantu kuisioner, oleh karena belum menggunakan Aplikasi Elektronik secara khusus,” ujar Kadis Abdul Haris Bangko.

“Sebenarnya banyak sampel yang bisa kami dapatkan dari  teknologi informasi  secara umum melalui whatsapp, Instagram ataupun facebook untuk kesesuaian hasil Survei Kepuasan Masyarakat walaupun tidak secara sistematik layaknya di dukung Aplkasi khusus untuk survey tersebut,” tutur Kadis Abdul Haris Bangko.

Kadis PMPTSP Abdul Haris Bangko pun sangat bersyukur dengan usaha serta pelaporan, maka Survei Kepuasan Masyarakat Dinas PMPTSP tahun 2022 dapat terwujudkan dengan hasil nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 81.12 dan berada pada kategori B (Baik).

“Ke depan pelayanan PMPTSP kepada masyarakat akan kami tingkatkan lagi, agar hasil IKM kita bisa meningkat pada kategori A atau terbaik,” tandas Kadis Abdul Haris Bangko.

 (Kominfosandi-Bolmut)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang / Fauziah Suratinoyo

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Saiful Djenaan

Redaktur Pelaksana : Adler TH. Manginsoa

Tags : Bolmut PMPTSP