Ekskavasi Cagar Budaya Di Lokasi Makam Raja Pertama Kaidipang

Kamis, 22 April 2021, Oleh Jukiro
172
-

bolmutkab.go.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada Bidang Kebudayaan bersama para teknisi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo melaksanakan eskavasi cagar budaya dilokasi makam raja pertama Kaidipang Mauritz Datu Binangkal Korompot, Desa Kuala Utara, Kamis, (22/4/2021).

Kepala Dinas Dikbud melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud Bolmut Dra. Enamety Humokor menyampaikan bahwa ekskavasi ini dalam rangka pengambilan data sampel bebatuan atau benda purbakala lainnya, untuk dilestarikan sebagai cagar budaya, yang selanjutnya tempat ini akan direnovasi sebagai tempat bersejarah.

"Namun sebelumnya sebagai langka awal kita ekskavasi dulu sebelum dipasang paping, agar peninggalan lainnya bisa terselamatkan dan bisa dilestarikan bersama makam raja tersebut," ungkapnya.

Kabid juga menjelaskan bahwa kawasan ini memiliki kuburan-kuburan leluhur, sehingga hasil ekskavasi ini nantinya akan disampaikan ke Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh.

Sementara itu Kasubag Tata Usaha BPCB Gorontalo Sahrawi mengatakan di Daerah Bolmut ini jika di ekskavasi, kemungkinan banyak peninggalan terpendam, kemudian bisa dikaji serta dapat dilestarikan bahkan nantinya bisa menjadi lokasi wisata religi.

"Hari ini kami baru memasang tali gridnya untuk pengukuran yang berada di dalam, dan kami juga sudah membuat desain melalui dron, kemudian akan ditarik arah Utara dan Selatan, hingga ekskavasi ini diharapkan berjalan dengan lancar," Jelasnya secara tekhnis oleh Kasubag TU BPCB Sahrawi. (Kominfosandi-Bolmut)

Jurnalis: Rusdianto Jukiro

Editor: Rudi Datunsolang / Saiful Djenaan

Analis Konten: Imam Wahyudi / Rosma Ali

Redaktur: Adler TH Manginsoa

About author
Jurnalis : Jukiro
Editor : Syaiful Djenaan
Redaktur : Adler