Aspirasi Organisasi Keagamaan Dalam Bentuk Rekomendasi Sebagai Bahan Kebijakan Pemerintah Terkait Kerukunan

Selasa, 29 Juni 2021, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
109
Salam sehat bersahaja Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. H. Asripan Nani, M.Si saat bersua BKSAUA Provinsi Sulawesi Utara dalam upaya terciptanya kerukunan dan keharmonisan hubungan antara pemeluk agama yang tercermin dari Kunjungan Kerja (Kunker) Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Kabupaten Bolmut, Bertempat di Aula Pohohimbungo Kantor Bapelitbang Boroko, selasa, 29/6/2021. (Photograper Prokopim Moh. Firmansyah Goma / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus mengupayakan terciptanya kerukunan dan keharmonisan hubungan antara pemeluk agama dalam rangka menjaga stabilitas dan iklim yang kondusif di daerah.

Hal ini tercermin dari Kunjungan Kerja (Kunker) Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus tatap muka dengan Pemerintah Daerah, tokoh Agama dan masyarakat Kabupaten Bolmut.

BKSUA Provinsi Sulut diterima dengan hangat oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dr. Drs. H. Asripan Nani, M.Si. Bertempat di Aula Pohohimbungo Kantor Bapelitbang Boroko, selasa (29/6/2021).

Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Bolmut menyambut baik atas terlaksananya forum strategis ini, sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas, sekaligus memantapkan komitmen untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan kerukunan dan kedamaian di Provinsi Sulut, bumi nyiur melambai ini.

“Untuk itu, kepada jajaran aparatur Pemda beserta segenap komponen pembangunan dan seluruh masyarakat Bolmut, untuk senantiasa menjaga iklim kondusif guna terjaganya stabilitas keamanan dan ketertiban di kabupaten Bolmut, terutama dalam menumbuhkembangkan kerukunan intern maupun antar umat beragama,”ajaknya.

Perlu digaris bawahi bahwa mengupayakan terwujudnya kerukunan beragama tersebut, merupakan suatu hal yang sangat penting dan strategis dalam rangka membangun integrasi bangsa.

Dikatakan strategis karena integrasi bangsa menjadi dasar bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa, yang merupakan prasyarat terciptanya stabilitas nasional, yang sangat dibutuhkan untuk lancar dan suksesnya penyelenggaraan pembangunan yang kita laksanakan saat ini.

Realita menunjukkan, bahwa masyarakat Bolmut adalah masyarakat majemuk yang memiliki berbagai perbedaan tetapi diikat oleh tali persaudaraan yang rukun dan senantiasa memandang kemajemukan sebagai potensi dan kekayaan yang dikaruniakan tuhan bagi daerah ini.

Diharapkan BKSAUA Kabupaten Bolmut, agar senantiasa membangun komunikasi yang efektif melalui dialog dengan para pemuka agama dan tokoh masyarakat, menampung dan menyalurkan aspirasi organisasi keagamaan dan aspirasi masyarakat dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan pemerintah di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat.

Sekaligus menjadi contoh dan teladan dalam bertutur kata dan bertindak ditengah-tengah kehidupan masyarakat, sehingga boleh menyejukkan, mendamaikan, mempersatukan, memotivasi, menjadi inspirasi, bahkan menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik. (Kominfosandi Bolmut)

Jurnalis: Rusdianto Jukiro

Editor: Rudi Datunsolang / Saiful Djenaan

Analis Konten: Imam Wahyudi / Rosma Ali

Redaktur: Adler TH Manginsoa

About author
Jurnalis : Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
Editor : Syaiful Djenaan, A.Md
Redaktur : Adler Th. Manginsoa, SST., M.Si