Pesan Bupati Melalui Asisten 1 Ini Sangat Singkron Dengan Kesufian

Jumat, 17 September 2021, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
142
Asisten 1 Rachmat R. Pontoh duduk bersanding dengan Ulama Wali Nangroe Jakarta Tgk. Khoirunnas dalam acara Safari Dakwah Kesufian yang berlangsung di Balai Darul Ihsan Desa Batu Bantayo, Kec. Pinogaluman, Kab. Bolmut, jum’at 17/9/2021. (Photograper Prokopim Rahmat Tegila, S.IP / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id - Kunjungan Ulama, Wali Jakarta Tgk. Khoirunnas dalam rangka safari dakwah Tauhid Tasauf dan Kesufian Majelis Pengkajian Tauhid Tasauf Indonesia (MPTT-I) di Balai Darul Ihsan Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asisten 1) Rachmat R. Pontoh, SH.,M.Si, Jum'at (17/9/2021).

Dalam Sambutan Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh yang dibacakan oleh Asisten 1, menyambut baik prakarsa dari MPTT-I Darul Ihsan Batu Bantayo Pinogaluman untuk menyelenggarakan acara safari dakwah kesufian dengan tema ikhtiar tauhid sufi menyelamatkan Negeri, mengakhiri pandemi Covid-19.

"Kegiatan seperti ini akan mendatangkan semagat baru bagi umat muslim demi meningkatkan ibadah dan ketakwaan serta amal saleh,"imbuhnya.

Dalam kaitan itulah bahwa acara hari ini sesungguhnya sangat tepat. Acara ini merupakan perilaku yang bijak dan mulia sebagai umat hamba Allah yang menyadari akan kekurangan dan kelemahan kita semua.

Oleh karena itu, tiada yang lebih bijak dan tepat kecuali dalam rangka kedekatan kita tersebut, kita selalu memohon berkah dan memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan kita, dan perbuatan perbuatan kita dimasa yang lalu, dengan harapan wabah covid 19 akan segera berakhir dalam bimbingan dan tuntutan Allah Subhanahuwata'ala.

Saya berpesan kepada keluarga besar MPTT-I,, kepada umat muslim dan kepada masyarkat Bolmut, kita memohon kepada Allah, agar supaya negeri kita dijauhkan dari bencana dan mara bahaya.

Disamping itu, Ketua Panitia penyelenggara kegiatan ini Usman Linula, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan MPTT-I dalam acara yang mulia dalam Bimbingan Mursyid yang Kamil Mukamil Abuya Syekh H. Amran Wali Alkholidi, agar kiranya dapat memperbaiki diri, ibadah dan amal dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dalam sesi acara berlangsung Ketua MPTT-I Darul Ihsan atau Wali Nanggroe Pinogaluman Rano Lakoro menyampaikan bahwa sebagai Pimpinan Darul Ihsan sangat berterima kasih kepada Buah Hati Abuya yaitu Tgk. Khoirunnas dengan Izin Allah beliau bisa duduk disini Balai Darul Ihsan karena kami di Darul Ihsan sangat merindukannya.

"Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Daerah atas dukungan dan mengizinkan kami walaupun dalam kondisi pandemic, semoga dengan kegiatan Majelis ini, Allah akan mencabut bala'-bala' itu,"ungkapnya.

Wali Nanggroe Pinogaluman juga mengatakan bahwa kegiatan kami yaitu setiap malam Jum'at pelaksanaan Samadiah dan Dzikir Ratib Seribe, malam minggu atau malam-malam lainnya yaitu dengan bersilaturahmi mengunjungi rumah-rumah yang kami sendiri diperjuangkan oleh Abuya agar umat tidak lalai akan Allah, bersih hatinya dari penyakit hati kebencian, ujub, huzhuz, iri, dengki, sombong, tamak dan lainnya.

Lebih lanjut Wali Nanggroe Jakarta Tgk. Khoirunnas kagum dengan Bupati Bolmut, Bupati ini Sufi juga kayaknya dan semoga rakyatnya sufi semua, karena Bupati Depri Pontoh mengatakan tidak ada yang lebih bijak selain mendekatkan diri kepada Allah, bukan dekat kepada dunia, pangkat dan kedudukan.

"Pesan beliau 'Bupati' agar kita berdo'a dengan khusyuk dan khusyuk juga ajaran Kesufian, artinya khusyuk itu padam nafsu dari tabiat nafsu yang jelek, dan kita diajak berdo'a agar kita dijauhkan dari bencana, ini tanda sayang Bupati kepada rakyatnya,"jelas Tgk. Khoirunnas.

Tgk khoirunnas juga mengimbuhkan pesan Bupati melalui Asisten 1 agar kita mendahulukan kepentingan umum dari kepentingan pribadi sangat singkron dengan yang ditulis Abuya yaitu meluaskan ahlak untuk kita bermanfaat bagi orang lain.

Dikatakan oleh Bupati juga pembangunan akan lebih maju mencakup segala aspek, baik pendidikan, ekonomi, keagamaan, maupun sosial, secara fisik, maka dalam kesufian kita juga membangun selain fisik (Zahir) juga kerohanian, oleh sebab rohani kita rusak oleh dosa kita.

"Dan terakhir Bupati juga mohon petunjuk kepada Allah dan Bimbingan Allah, itu juga ajaran kesufian, kita bersyukur punya Bupati Bolmut sebagai Pemimpin yang pesan-pesan beliau bermateri kesufian,"ujar Tgk. Khoirunnas.

Bersama dalam acara berlangsung yaitu Penasehat Majelis Tauhid Tasawuf Indonesia Prof. DR. Ir. Nelson Pomalingo M.Pd atau yang Mewakili, Waly Naggroe gorontalo KH Hamdan Ladiku S.Ag, M.Hi, Waly Naggroe Kabupaten Gorontalo Sukri Moonti, SH, Sekjen MPTT Iindonesia timur Abi Noval Djafar, Anggota DPRD Bolmut, Pimpinan OPD, Kakandepag atau yang mewakili, Waly Naggroe Pinogaluman, Camat Pinogaluman, serta sangadi Desa Batu Bantayo. (Kominfosandi Bolmut)

Jurnalis: Rusdianto Jukiro

Editor: Rudi Datunsolang / Saiful Djenaan

Analis Konten: Imam Wahyudi / Rosma Ali

Redaktur: Adler TH Manginsoa

About author
Jurnalis : Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
Editor : Syaiful Djenaan, A.Md
Redaktur : Adler Th. Manginsoa, SST., M.Si