Pelantikan Penyetaraan Jabatan Struktural Ke Jabatan Fungsional Di Lingkungan Pemkab Bolmut

Rabu, 29 Desember 2021, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
104
Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh saat melantik dan mengambil sumpah Penyetaraan Jabatan Struktural Ke Jabatan Fungsional di lingkungan Pemkab Bolmut, bertempat di Auditorium Kantor Bupati Bolmut. Rabu, 29/12/2021. (Photograper Prokopim Rahmat Tegila, S.IP / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. H. Depri Pontoh melantik dan mengambil sumpah Penyetaraan Jabatan Struktural Ke Jabatan Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut, bertempat di Auditorium Kantor Bupati Bolmut. Rabu (29/12/2021).

Hal ini tertuang dalam Keputusan Bupati Bolmut Nomor : 821.24/BKPP/BMU/SK/60/XII/2021 tentang Pengangkatan Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Setelah melantik dan mengambil sumpah jabatan, Bupati Bolmut dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowi Widodo menghendaki adanya perubahan konkrit dalam reformasi birokrasi pemerintahan.

Dimana perlunya penyederhanaan birokrasi pada intansi Pemerintah cukup dengan 2 (Dua) level dan diganti dengan jabatan fungsional yang menekankan pada keahlian dan kompetensi, sehingga proses kerja di birokrasi lebih cepat dan lebih dinamis dalam pengambilan keputusan.

Dikatakan bahwa, sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden tersebut, telah ditetapkannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Adiministrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Bolmut telah melakukan serangkaian kegiatan, yang dimulai dengan penyederhanaan struktur organisasi, analisis jabatan fungsional yang sesuai dengan adminitrasi yang terdampak.

“Bahkan sampai dengan pengusulan pejabat administrasi yang akan diahlikan ke jabatan fungsional, dan diakhiri dengan terbitnya rekomendasi persetujuaan yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri Nomor 800/8564/OTDA, tertanggal 27 Desember 2021,”jelas Bupati.

Berdasarkan persetujuaan Menteri Dalam Negeri tersebut, maka saya selaku Bupati Bolmut diberikan mandat untuk segera melantik pejabat administrasi yang disetarakan kedalam jabatan fungsional sebanyak 171 jabatan sebelum tanggal 31 desember 2021, dengan angka kredit dan mekanisme sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diakhir sambutannya Bupati Depri Pontoh ucapkan selamat bekerja, semoga saudara dapat segera beradaptasi dengan jabatan fungsional di lingkungan kerja masing-masing, sebagai tuntutan perubahan dalam reformasi birokrasi pemerintahan melalui penyederhanaan birokrasi yang menekankan pada keahlian birokrasi.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut, Drs. H. Amin Lasena, M.AP. Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra, PJ. Sekretaris Daerah Bolmut Rahmat R. Pontoh, SH.,M.Si, Anggota DPRD Bolmut.

Serta Asisten Administrasi Umum sekda Bolmut Uteng Datungsolang, S.Pd M,Si, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati Bolmut, Pimpinan OPD Para Camat dan ASN Dilingkungan Pemkab Bolmut.

Klik Link Dibawah Ini Melihat Lampiran Jabatan Fungsional :

https://drive.google.com/file/d/1TTEJxtBoV7VmMxIq18yszo2yB7pC0qgU/view?usp=sharing

(Kominfosandi Bolmut)

Jurnalis: Rusdianto Jukiro

Editor: Rudi Datunsolang / Saiful Djenaan

Analis Konten: Imam Wahyudi

Redaktur: Adler TH Manginsoa