Apel Perdana Pemda Bolmut 2022, Bupati Ajak Pegang Teguh Komitmen

Senin, 03 Januari 2022, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
71
Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh saat Pimpin Apel Perdana Tahun 2022 Pemda Bolmut, bertempat di Auditorium Kantor Bupati Bolmut. Senin, 3/1/2022. (Photograper Prokopim Rahmat Tegila, S.IP / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id - Apel Perdana Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Tahun 2022 dipimpin langsung oleh Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh, bertempat di Auditorium Kantor Bupati Bolmut. Senin, (3/1/2022).

Peserta apel sangat antusias mengawali tahun 2022 dengan penuh khidmat. Kegiatan diawali dengan penandatanganan pakta integritas.

Selanjutnya, Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh dalam sambutannya mengajak kita sekalian memegang teguh komitmen untuk melanjutkan program pembangunan daerah yang diarahkan pada pencapaian pemerataan dan keadilan daerah.

Bupati mengatakan atas nama pribadi, keluarga dan selaku Bupati Bolmut menyampaikan ucapan selamat Hari Natal 25 Desember 2021 kepada segenap umat kristiani dan selamat tahun baru 1 januari 2022 bagi kita sekalian.

Lebih lanjut, dikatakan momentum apel perdana ini, saya pandang memiliki makna yang penting dan strategis.

Saya katakan demikian, karena momentum ini, merupakan wahana yang tepat untuk kita merenungkan kilas balik perjalanan Kabupaten Bolmut serta mengevaluasi hasil kerja kita di tahun 2021.

Evaluasi tersebut sebagai refleksi untuk melakukan pembenahan-pembenahan fundamental, sehingga kedepan proses penyelenggaraan Pemerintahan akan lebih kuat, terarah, optimal, efektif dan efisien.

“Tahun ini, kita akan menapaki tahun ke empat dalam pelaksanaan RPJMD tahun 2018-2023, dimana tema pembagunan di tahun 2022 ini, adalah 'Melanjutkan Pembagunan Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat',”ujar Bupati.

Hal ini didukung dengan 5 arahan Perioritas Pembangunan Yaitu:

Penurunan Angka kemiskinan dan pengangguran. Dengan sasaran, meningkatnya pendapatan masyarakat dan menurunkan beban pengeluaran keluarga miskin.

Peningkatkan kualitas SDM masyarakat, dengan sasaran, meningkatnya kualitas pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat.

Peningkatan daya saing produk unggulan daerah. dengan sasaran, meningkatnya pengelolaan potensi unggulan lokal daerah (Pertanian, Perikanan dan Pariwisata).

Penyerderhanaan birokrasi dan peningkatan pelayanan publik. Dengan sasaran, meningkatnya kualitas penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik yang refonsif dan akuntabel (Berbasis IT) dan.

Pemantapan infrastruktur dasar dan infrasturktur penunjan. Dengan sasaran, meningkatnya pelayanan infrakstruktur yang mendukung perfoma wilayah, meningkatnya pengendalian pemanfatan ruang dan meningkatnya pengelolaan kualitas lingkungan hidup.

Berdasarkan kelima arah prioritas pembangunan diatas maka arah kebijakan ekonomi tahun 2022, ditargetkan sebagai berikut:

Pertama, Angka kemiskinan ditargetkan 8,21 Persen.

Kedua, tingkat pengagguran terbuka ditergetkan 3,75 Persen.

Ketiga, nilai PDRB atas dasar harga berlaku (ADHB) diperkirakan mencapai 3,09 trilyun rupiah, dengan PDRB ADHB per kapita sebesar 36.78 juta rupiah.

Keempat, nilai PDRB atas dasar harga konstan (ADHK) diperkirakan mencapai 1,90 trilyun rupiah dengan PDRB ADHK perkapita sebesar 22,72 juta rupiah.

Kelima, laju pertumbuhan sebesar 5,77 persen.

Keenam, struktur perekonomian kabupaten bolmut untuk peran sektor primer sebesar 59,10 persen, sektor sekunder 15,89 persen dan sektor tersier sebesar 25,01 persen.

Ketujuh, rata rata pengluaran perkapita rill, ditargetkan 9,85 juta rupiah.

Dihadiri Wakil Bupati Bolmut, Drs. H. Amin Lasena, M.AP, PJ. Sekretaris Daerah Bolmut Rahmat R. Pontoh, SH., M.Si, Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli Bupati Bolmut, Pimpinan OPD, Para ASN Di lingkungan Pemkab Bolmut, Para Camat, Para Sangadi dan Perangkat Desa, serta para Kepala Sekolah se-Bolmut.  (Kominfosandi Bolmut)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang / Fauziah Suratinoyo

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Saiful Djenaan

Redaktur Pelaksana : Adler TH. Manginsoa