Laporan IKM Semester I Tahun 2022 Dinas Dukcapil Kategori Sangat Baik

Rabu, 03 Agustus 2022, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
25
Tim Kominfo saat wawancarai Kabid PIAK dan PM Sumitro Paputungan terkait Laporan IKM Semester I Tahun 2022 Dinas Dukcapil Kategori Sangat Baik, di ruang kerjanya, Rabu 3/8/2022. (Photograper Winowi Pontoh / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Dukcapil) telah menyelesaikan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) pada semester I Tahun 2022.

Untuk itu, Kepala Dinas Dukcapil melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK dan PM) Sumitro Paputungan kepada Tim Kominfo, di ruang kerjanya, Rabu (3/8/2022) menyampaikan bahwa ini adalah salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kabid Sumitro Paputungan mengatakan dengan adanya tertib administrasi pelaporan IKM per semester ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan.

Dijelaskan, hasil penyusunan SKM merupakan data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

“Kepada setiap pengguna layanan yang mengurus KTP, KK, Akta Lahir dan lainnya, pada hari itu juga sebelum mereka pulang, maka kami berikan lembar kuisioner untuk menuangkan pendapat mereka dalam memperoleh pelayanan dari kami di Dinas Dukcapil sebagai bahan SKM,” ungkap Kabid.\

Hasil SKM tersebut disusun dalam laporan SKM, yang kemudian akan menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong bagi Dinas Dukcapil untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Lebih lanjut, dikatakan selama semester I pelaksanaan survei ini, dengan penuh rasa syukur bahwa masyarakat  telah memberikan pendapat terbaik terhadap pelayanan Dinas Dukcapil.

“Hal ini dibuktikan dengan laporan hasil SKM pada semester I Tahun 2022 dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 89,64  kategori Sangat Baik,”terang Kabid.

“Akan tetapi, kami masih banyak yang kurang dari sarana dan prasarana yang mendukung sistem pelayanan, sehingganya kami berharap ke depan bisa terpenuhi dan menjadi lebih baik lagi,”tutur Kabid. (Kominfosandi-Bolmut)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang / Fauziah Suratinoyo

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Saiful Djenaan

Redaktur Pelaksana : Adler TH. Manginsoa