Sosialisasi Vaksinasi PMK Hewan Ternak

Rabu, 26 Oktober 2022, Oleh Rusdianto K. Jukiro, A.Md.Par
25
Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh (Tengah) saat membuka secara resmi Sosialisasi Vaksinasi PMK Hewan Ternak. berlangsung di RM Laviesta, Desa Kuala Utara, Kecamatan Kaidipang. Rabu, 26/10/2022. (Photograper Prokopim Rahmat Tegila / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

bolmutkab.go.id - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. H. Depri Pontoh membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2022, berlangsung di RM Laviesta, Desa Kuala Utara, Kecamatan Kaidipang. Rabu (26/10/2022).

Bupati Bolmut dalam sambutannya menyampaikan PMK bersifat menular pada hewan ternak berkuku belah, yang sampai saat ini belum ada obat-obatan yang dapat mengendalikan penyakit ini, sehingga oleh peternak mengambil tindakan potong paksa.

“Kondisi ini berimplikasi pada penurunan produksi dan produktifitas daging. Untuk mencegah meluasnya penularan tersebut, maka setiap daerah menempuh kebijakan lock down / pelarangan pemasukan dan pengeluaran ternak dari daerah lain,”ungkap Bupati.

Dikatakan bahwa PMK disebabkan oleh virus, namun tidak berbahaya bagi kesehatan manusia (bukan penyakit zoonosis), daging dan susu aman untuk dikonsumsi.

Virus PMK sangat tahan di lingkungan serta relatif lebih tahan terhadap disinfektan, penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan hewan sakit, kontak dengan peralatan kandang, orang dan kenderaan yang masuk kelingkungan kandang, serta melalui udara.

Jelang hari raya Natal 25 desember 2022, permintaan pemasukan hewan dari luar sulawesi utara sangat tinggi, sehingga diperlukan langkah strategis dan tindakan kewaspadaan masuknya hewan dari wilayah tertular dan menjaga wilayah bebas tetap bebas dari PMK.

“Strategi utama melalui penerapan biosekuriti kandang, pengetatan lalu lintas hewan ternak dan pengebalan hewan ternak, mengingat Bolmut adalah gerbang Sulawesi Utara dan Gerbang Negara sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo di bagian barat dan Negara Philipina dibagian utara,” jelas Bupati.

Sosialisasi ini turut dihadiri perwakilan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara beserta tim, perwakilan Kapolres Bolmut, Ketua Komisi II DPRD Bolmut, Kepala Dinas Pertanian Bolmut, Pimpinan OPD terkait, para Camat, Kapolsek dan peserta sosialisasi. (Kominfosandi Bolmut)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang / Fauziah Suratinoyo

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Saiful Djenaan

Redaktur Pelaksana : Adler TH. Manginsoa